DAFTAR MEREK KALIPER MOTOR


Hai kawan-kawan, kali ini saya ingin sekali membahas mengenai kaliper rem cakram yang biasa kita temui pada roda motor. Kaliper ini memiliki fungsi sebagai breaking system atau sistem pengereman dimana kaliper ini akan mengigit piringan cakram pada roda dan membuat roda berhenti secara perlahan. Proses ini menggunakan mekanisme yang sederhana, namun karena berbagai faktor seperti bobot atau berat motor, ketahanan umur kaliper, onderdil atau aksesoris yang di jual dipasar yang kompatibel dengan perangkat kaliper membuat hal ini menjadi agak rumit.

Nah ada banyak sekali merek-merek kaliper, tiap mereng memiliki spesifikasi teknis dan memiliki ciri khas. Mulai bahan material yang digunakan, bentuk atau struktur kaliper, hingga kompatibilitas terhadap kampas rem dari berbagai merek lain. Nah berikut daftar merek kaliper yang ada di pasaran indonesia


Brembo

Siapasih yang tidak mengenal Kaliper dengan merek Brembo?, merek yang satu ini telah mewarnai kompetisi balap MotoGP, anda bisa melihat kebanyakan pembalap menggunakan Kaliper dari Brembo yang menjadikannya sebagai kaliper terbaik untuk dimiliki.

Awalnya dulu kaliper ini sebenarnya terbuat dari Aluminium, yup aluminium yang dikenal sebagai logam yang mudah penyok pernah menjadi bahan baku kaliper brembo. Kaliper jenis ini dipakai ketika awal-awal kelahiran Brembo di tahun 1972. Tentunya seiringnya waktu dengan semakin terkenalnya merek Brembo munculah Kaliper dengan bahan-bahan lain seperti Nickel, Titanium, Serat Karbon dan lainnya.


KTC

Ternyata KTC KYTACO merupakan brand Kaliper asal Indonesia yang di bangun oleh Ko Awi, dia merupakan seorang pecinta motor tanah air sejak tahun 1995 dengan mimpi untuk menciptakan produk sparepart dan aksesoris berkualitas. Kini dengan slogan "Semakin Terasa Bedanya" KTC KYTACO telah berhasil meningkatkan diri sebagai salah satu brand sparepart motor after market terkemuka dan terpercaya ditanah air yang telah dijajaki brand besar Brembo.


Nissin

Salah satu brand ternama penghasil sistem pengereman kendaraan adalah Nissin. Merek Jepang ini kiprahnya pun sering terlihat pada event balap, baik global maupun lokal.  Di Indonesia, Nissin memproduksi sistem pengereman mulai dari kaliper, kampas rem cakram dan tromol di pabrik PT Chemco Harapan Nusantara (CHN) untuk menyuplai ke pabrik-pabrik kendaraan di Indonesia.  












Older Posts