BAGAIMANA MENGELOLA UANG ANDA LEBIH BAIK DI TAHUN 2023


Apa itu Manajemen Uang?

Penganggaran, investasi, tabungan, dan bahkan pengeluaran adalah bagian dari pengelolaan uang. Jadi bagaimana Anda membangun kepercayaan dan mengurangi kecemasan tentang tujuan keuangan Anda? Menemukan cara untuk mengelola uang Anda dengan lebih baik dan pola pikir Anda dapat membantu. Anda dapat melakukan riset sendiri atau mendapatkan nasihat profesional untuk membantu Anda dengan rencana keuangan Anda.


Bagaimana Mengelola Uang Anda Lebih Baik Di Tahun 2023

Anda dapat menggunakan tujuh tip keuangan praktis dan keterampilan pengelolaan uang ini sebagai panduan umum untuk pengelolaan keuangan Anda.


1. Buat Anggaran Pribadi

Orang-orang yang merasakan dampak tekanan finansial biasanya lebih berjuang dengan penganggara itu salah satu temuan dari studi Capital One Mind Over Money. Mereka yang merasa kurang memegang kendali atas keputusan finansial biasa cenderung membelanjakan gaji mereka secara impulsif atau tidak direncanakan dan berdasarkan keinginan.


Membuat anggaran adalah langkah pertama yang bagus dalam mengembangkan kebiasaan uang yang lebih sehat dan mempelajari cara mendapatkan hasil maksimal dari uang Anda.


Menurut Biro Perlindungan Keuangan Konsumen (CFPB), “penganggaran membantu memastikan bahwa Anda akan memiliki cukup uang untuk hal-hal yang Anda butuhkan dan yang Anda inginkan, sambil tetap mengumpulkan tabungan Anda untuk tujuan masa depan.”


Anda bisa mulai dengan menggunakan lembar kerja penganggaran dan mengikuti langkah-langkah umum seperti ini:


  • Tambahkan pendapatan bulanan Anda. Ini termasuk gaji Anda di pekerjaan Anda ditambah sumber pendapatan lain seperti bonus, pengembalian pajak, atau pendapatan dari pekerjaan sampingan.
  • Jumlahkan pengeluaran bulanan Anda. Ini dapat mencakup pengeluaran dalam “kotak” utama seperti membayar tagihan untuk perumahan, makanan, pinjaman mahasiswa, dan transportasi. Untuk pembayaran bulanan yang tidak selalu sama makanan dan utilitas, misalnya Anda dapat menggunakan rata-rata dari bulan sebelumnya.
  • Kurangi pengeluaran Anda dari pendapatan Anda. Jumlah ini akan menjadi tempat awal untuk anggaran Anda. Apa pun yang tersisa adalah apa yang harus Anda kerjakan saat Anda membayar utang dan membangun tabungan. Jika yang tersisa terlalu kecil, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memotong biaya untuk hal-hal seperti makanan bawa pulang dan langganan, jika Anda belum melakukannya.

Mungkin membantu untuk memikirkan anggaran Anda sebagai dokumen hidup yang sering Anda lihat. Dengan begitu, Anda dapat melakukan penyesuaian jika perlu, seperti saat Anda menghilangkan pengeluaran bulanan dengan melunasi kartu kredit. Anda juga dapat mempertimbangkan pendekatan penganggaran yang populer, seperti aturan 50/30/20, saat membuat anggaran.


2. Lacak Pengeluaran Anda

Studi Capital One Mind Over Money menemukan bahwa menggunakan kebiasaan uang yang sehat ketika Anda merasa yakin dengan keuangan Anda dapat membantu Anda ketika keadaan menjadi lebih menantang.


Melacak pengeluaran Anda bisa menjadi salah satu kebiasaan baik itu. Bagaimanapun, ini dapat membantu Anda menghindari pengeluaran berlebihan dan tetap sesuai anggaran Anda.


Bagaimana Anda melacak pengeluaran Anda? Itu mudah. Anda dapat mencatat pengeluaran Anda secara digital dengan salah satu dari banyak aplikasi yang tersedia secara online.


Jika Anda memiliki kartu Capital One, Anda dapat menggunakan fitur digital gratis yang membantu melacak uang Anda. Atau, jika Anda lebih suka opsi berbasis kertas, Anda dapat menyimpan kuitansi dan melacak semuanya di perencana atau buku catatan.


Satu petunjuk cara: Anda mungkin ingin memisahkan pengeluaran Anda ke dalam beberapa kategori. Dengan begitu, Anda akan melihat dengan tepat ke mana uang Anda pergi dan ke mana Anda mungkin membelanjakan terlalu banyak.


3. Menabung untuk Pensiun

Tidak mengherankan, studi Capital One Mind Over Money menemukan bahwa orang Amerika khawatir tentang masa depan keuangan mereka. Itu termasuk menabung untuk masa pensiun. Faktanya, 68% responden mengatakan mereka khawatir tidak memiliki cukup uang untuk pensiun.


Mungkin membantu untuk memulai dari yang kecil dalam hal tabungan pensiun. Dengan kata lain, Anda dapat menabung sejumlah kecil setiap bulan untuk saat ini, dan kemudian menambahkannya saat Anda merasa siap.


Mungkin juga membantu untuk membuka rekening program pensiun yang dapat menambah pendapatan pensiun dari pensiun atau Jaminan Sosial. Jenis akun ini mungkin termasuk yang berikut:

  • Rencana 401(k) melalui perusahaan Anda. Dengan 401(k), Anda dapat menyetorkan dolar sebelum pajak melalui pemotongan reguler dari gaji Anda. Beth Sabin, seorang eksekutif di Capital One, berkata, "Jika Anda memiliki kecocokan perusahaan melalui 401(k), ini bisa menjadi tempat yang bagus untuk memulai dengan berkontribusi sampai Anda memiliki kecocokan penuh." Dia juga merekomendasikan untuk meningkatkan kontribusi Anda sebesar 1 poin persentase untuk melihat apakah itu dapat dilakukan untuk Anda. Jika ya, Anda dapat meningkatkannya dengan poin persentase lain untuk mempercepat tabungan Anda.
  • 403(b) rencana. Seperti paket 401(k), paket 403(b) disponsori oleh pemberi kerja. Satu perbedaannya adalah bahwa rencana 403(b) ditawarkan oleh sekolah umum dan beberapa organisasi yang bebas pajak. Kontribusi untuk rencana 403(b) tradisional adalah pajak yang ditangguhkan—sama seperti rencana 401(k) tradisional. Jadi Anda tidak perlu membayar pajak atas kontribusi atau penghasilan sampai Anda menarik dana dari akun.
  • Akun Pensiun Individu (IRA). Kontribusi ke IRA tradisional—akun yang umumnya mandiri dan tidak disponsori oleh pemberi kerja—adalah pajak yang ditangguhkan. Setelah Anda pensiun dan mulai melakukan penarikan, uang tersebut akan dikenakan pajak dengan tarif pajak penghasilan reguler Anda.
  • Roth IR. Meskipun kontribusi untuk Roth IRA tidak dapat dikurangkan dari pajak saat Anda membuatnya, Anda mungkin dapat menarik uang Anda bebas pajak selama masa pensiun Anda.

Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan penasihat pajak Anda untuk informasi lebih lanjut tentang rencana ini.


Perlu diingat bahwa bunga majemuk bisa menjadi alasan penting untuk mulai menabung sejak dini. Seperti yang dijelaskan CFPB, bunga majemuk dapat membantu Anda mempercepat tabungan Anda dengan mendapatkan bunga dari bunga. Untuk melihat bagaimana bunga majemuk dapat bertambah, Anda mungkin ingin mencoba Kalkulator Bunga Majemuk ini dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS.


4. Simpan untuk Keadaan Darurat

Menyisihkan tabungan dalam dana darurat untuk kejadian tak terduga dalam hidup—seperti membutuhkan perbaikan besar rumah—dapat membantu Anda merasa lebih baik tentang situasi keuangan Anda.


Menumbuhkan tabungan Anda mungkin menjadi salah satu tujuan Anda. Jika ya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan tip keuangan ini untuk membantu pengeluaran tak terduga:


  • Ingat, suku bunga dapat bervariasi. Jadi mungkin bijaksana untuk berbelanja. Jika Anda menemukan rekening tabungan dengan tingkat yang lebih baik, bunga tambahan dapat bertambah seiring waktu.
  • Masukkan penghasilan tambahan ke akun Anda. Saat Anda mendapatkan pengembalian pajak atau bonus di pekerjaan Anda, pertimbangkan untuk menyetorkannya ke rekening bank Anda. Uang ekstra dapat membantu tabungan Anda tumbuh.
  • Beli apa yang Anda butuhkan daripada apa yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda bisa menyisihkan sisanya untuk tabungan Anda.

Atur penghematan otomatis. Dengan bantuan majikan Anda, Anda mungkin dapat mengatur transfer otomatis ke rekening tabungan Anda untuk membangun tabungan Anda tanpa godaan untuk mengeluarkan uang ekstra.


5. Rencana Melunasi Utang

Melunasi hutang juga dapat membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih baik dan mengurangi kecemasan terkait uang.


Berikut adalah dua rencana yang direkomendasikan oleh CFPB untuk menjadi bebas utang:


  • Metode Snowball: Metode ini berfokus untuk melunasi saldo terkecil Anda terlebih dahulu. Anda masih melakukan pembayaran minimum untuk semua hutang Anda. Pada saat yang sama, Anda menggunakan uang ekstra untuk melunasi saldo terkecil Anda. Kemudian Anda menggunakan uang yang telah Anda bebaskan untuk melunasi saldo terkecil berikutnya dan seterusnya. Ini bisa berarti hutang dengan tingkat bunga yang lebih tinggi mungkin akan memakan waktu lebih lama untuk dilunasi. Dan itu bisa membuat Anda lebih mahal dalam jangka panjang.
  • Metode Debt Avalanche: Dalam metode ini—juga disebut metode tingkat bunga tertinggi—Anda membuat daftar utang Anda berdasarkan tingkat bunganya, dari tertinggi ke terendah. Anda menaruh uang Anda ke hutang dengan tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu. Setelah lunas, dana ekstra tersebut dapat digunakan untuk melunasi pinjaman berikutnya dalam daftar Anda. Anda juga masih terus melakukan pembayaran minimum atas semua hutang Anda.


6. Bangun Kebiasaan Kredit yang Baik

Bekerja untuk membangun skor kredit yang baik juga dapat membantu meningkatkan keuangan Anda.


Menurut CFPB, skor kredit Anda adalah potret kelayakan kredit Anda. Jadi, skor ini dapat memengaruhi banyak bagian hidup Anda—mulai dari menyewa apartemen hingga pertimbangan pekerjaan.


CFPB merekomendasikan hal berikut sebagai bagian dari rencana manajemen keuangan pribadi untuk membangun kredit yang baik:


  • Bayar tagihan Anda tepat waktu—setiap bulan.
  • Jangan mendekati batas pada akun kredit Anda.
  • Berusaha membangun sejarah kredit yang panjang.

Memeriksa keakuratan laporan kredit Anda secara teratur juga dapat membantu. CreditWise dari Capital One adalah cara mudah untuk memantau skor kredit VantageScore® 3.0 dan laporan kredit TransUnion® Anda. Itu tidak akan merusak skor kredit Anda. Dan gratis untuk semua orang, bahkan jika Anda tidak memiliki produk Capital One. Anda juga bisa mendapatkan salinan laporan kredit Anda secara gratis dari masing-masing dari tiga biro kredit utama di AnnualCreditReport.com.


Saat Anda bekerja menuju tujuan keuangan Anda, Anda juga dapat mempertimbangkan bagaimana kartu kredit Capital One cocok. Dengan penggunaan yang bertanggung jawab, Anda dapat menggunakannya untuk membangun atau membangun kembali kredit Anda dalam perjalanan keuangan Anda.


7. Tingkatkan Pola Pikir Uang Anda

Apa yang Anda lakukan dengan uang Anda adalah penting. Tetapi bagaimana Anda memikirkannya juga penting.

Mengambil pola pikir finansial yang lebih positif sambil mengelola uang dapat mencakup hal-hal seperti tetap memperhatikan tujuan Anda. Itu juga bisa berarti mengambil pendekatan berorientasi solusi dan berfokus pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan—seperti pembayaran utang dan kebiasaan belanja Anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ini dan tip pengelolaan uang pribadi lainnya untuk pola pikir uang yang lebih baik, lihat studi Capital One Mind Over Money.

Ingat, Anda tidak sendiri jika merasa stres tentang cara mengelola uang, menangani keuangan pribadi, atau mencapai sasaran tabungan. Tapi sekarang Anda tahu lebih banyak tentang strategi untuk mengelola uang Anda, mengatur anggaran bulanan Anda, membayar hutang dan membangun dana darurat Anda. Jika Anda terus melatihnya, hal itu pada akhirnya akan menjadi kebiasaan. Dan itu dapat membantu mempersiapkan Anda untuk kesuksesan finansial di setiap tahap kehidupan Anda.











Older Posts