INI DIA KOMPONEN DAN CARA MENGUBAH MOTOR BEAT MIO VARIO MENJADI


Halo teman-teman semua, berbicara mengenai motor listrik saat ini harga BBM mulai naik padahal beberapa bulan yang lalu harga BBM sudah naik, nah bagaiman jika BBM naik lagi ya?? Solusi terbaik saat ini adalah melakukan transisi dari motor berbahan bakar bensin BBM ke motor listrik atau dikenal dengan nama EV singkatan dari Electric Vehicle.


Lalu bagaimana kita melakukan transisi dari motro BBM ke motor listrik? ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan cara membeli langsung unit sepeda motor listrik di dealer-dealer terdekat atau anda bisa memodifikasi motor bensin anda ke motor. Dan kali ini saya ingin membahas mengenai cara dan apasaja yang diperlukan untuk membuat unit sepeda motor berbahan bakar bensin supaya bisa diubah menjadi sepeda motor menggunakan energi listrik sebagai tenaga penggeraknya.


Memodifikasi motor biasanya kita hanya akan mengambil kerangka utama pada motor bensin, tujuannya supaya cirikhas dari motor tersebut tidak hilang dan juga surat2 masih bisa dipake. Lalu selain itu juga ada penambahan/modifikasi kerangka pada part tertentu, misalnya bagian swingarm atau arm roda belakan, karena beberapa motor matic menggunakan single arm seperti beat atau kebanyakan motor matic 125cc lainnya. Ini karena dinamo gardan penggerak roda belakang menggunaka arm motor dua lengan seperti pada motor umumnya (bukan single/satu lengan). Lalu part apa saja yang perlu disiapkan?


Armswing Swing Arm

Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa beberapa motor matik tertentu datang dengan satu lengan swingarm, sedangkan dinamo gardan motor listrik yang tersedia dipasaran saat ini membutuhkan swingarm dua lengan, oleh karena itu pada part ini anda memerlukan modifikasi. Namun jika anda tidak ingin repot-repot untuk membuat part swingarm dua lengan saya akan carikan link tokonya.

https://www.bukalapak.com/p/motor-471/sparepart-motor/sparepart-lainnya/10qn50j-jual-swing-arm-honda-silver


Dinamo Gardan, Controller, Tombol Stater Gas

Setelah itu kita memerlukan bagian utama dari motor listrik yaitu dinamo, controller dan tombol starter dan gas. Ada banyak jenis dinamo motor listrik, ada juga banya jenis controller motor listrik dan ada juga banyak jenis aksesoris starter dan gas. Nah, jika kalian tidak ingin repot-repot memilah-milah part yang bertebaran diinternet, biar saya carikan link paketan ketiga part tersebut.

https://www.tokopedia.com/petrikbike/kit-set-konversi-motor-listrik-vario-mio-beat-14inch


Baterai

Ada banyak jenis baterai dari yang murah ada jenis aki graphite, ada juga baterai lithium yang memiliki umur panjang dan mampu menampung daya yang besar namun memiliki harga yang cuku mahal bisa sampai 2-3x harga aki graphite. 

Selain dari pada itu proses perakitan batre pun tidak mudah, batre dirakit mengikuti voltase dimana ada dua jenis voltase yang umum dingunakan pada motor listrik yaitu 48v dan 72v. Jika anda mengingikan motor yang mampu melaju dikecepatan 60km/jam maka anda perlu merakit baterai 72v.













Older Posts