SHARE PENGALAMAN SSD NVME SAMSUNG 980 PRO 2TB TERKENA PENYAKIT S.M.A.R.T STATUS BAD DAN SOLUSINYA


Share Pengalaman SSD NVME Samsung 980 PRO 2TB Terkena Penyakit S.M.A.R.T Status Bad Dan Solusinya

Halo teman-teman lapakaman, kali ini saya akan share pengalaman saya yang agak menyakitkan karena salah satu komponen PC saya yang saya beli dengan harga sekitar hampir 7jt malahrusak dan tidak bisa di pakai lagi, yaitu SSD NVME merek Samsung model 980 Pro. SSD NVME model ini merupakan model tertinggi waktu itu sehingga harganya memang mahal apa lagi waktu itu ada beberapa koin crypto yang dapat dimining menggunakan SSD NVME untuk proses pembuatan ploting yang membuat stok SSD di pasar menjadi susah dicari.



Sebenarnya saya paham kalo SSD NVME itu memiliki umur masa pakai alias tidak dapat dipakai selamanya, tidak seperti HDD yang umurnya lebih panjang selama tidak terkena benturan. Namun yang membuat saya kecewa adalah bahwa belum genap 1 tahun pemakaian ternyata sudah rusak duluan, didalam hati kok cepet ya? padahal merek murah lainnya malah ada yang berumur lebih panjang. Saya pun sempat bertanya-tanya dalam hati apakah sebelum saya beli SSD NVME ini pernah dipakai orang lain sebelumnya untuk kegiatan minig?



Apakah Data Saya Hilang?

Data masih bisa dibukan tapi dalam keadaan write protect atau tidak bisa menulis data di SSD NVME ini, namun karena SSD NVME 980 Pro saya ini saya gunakan untuk booting Windows 11 dan sebagian data saya ada di folder user, dimana folder user ini terenkripsi maka semua data yang ada di folder user tidak bisa dibuka, karena unutk membuka Windows perlu akses tulis data. Data saya yang ada di folder lain masih aman karena masih bisa di copy ke memory lain.


Lalu apakah saya kehilangan data yang ada di folder USER tadi? disini untuk solusi akses data di folder USER nya saya melakukan cloning disk, jadi satu perangkat keras memory ini saya kloning ke perangkat lain dengan syarat kapasitasnya sama. Saya menggunakan software samsung magician untuk proses cloning yang bisa diunduh gratis di situs resmi mereka. Satu-satunya kendala adalah saya perlu menyiapkan SSD atau HDD yang memiliki kapasitas 2TB dimana harganya juga tidak murah. Nah setelah tercloning barulah saya dapat membuka folder USER ini.



Apakah Memory SSD NVME Rusak Dan Jadi Rosokan?

Karena garansi NVME ini sekitar 3 tahun dan saya baru saja membeli dan saya gunakan dengan durasi belum genap 1 tahun maka saya pun melakukan klaim garansi. SSD NVME ini saya beli di tokopedia dengan harga hampir 7jt an dan sekarang harganya sudah turung tak sampai 4jt, agak sedih sih lihat harganya yang turunnya anjlok parah, apakah karena muncul model SSD kelas kasta tertinggi terbaru dari samsung apa gimana atau karna aktifitas mining mulai turun saya pun tak tau. Didalam kemasan ada segel BINTANG MAS, dan saya dibantu oleh pihak toko untuk klaim garansi.



Intinya saya mulai sadar bahwa SSD NVME ini tidak dapat diselamatkan lagi dan harus klaim garansi plus harus kloning semua data ke perangkat lain dengan mininmal kapasitas memory sama atau lebih. Saya menjadi agak sedikit kapok membeli perangkat SSD mahal yang diklaim mampu melakukan tulis data hingga ratusan tera (itu lho proses hapus tulis hapus tulis berulang-ulang dan ditotal proses tulisnya hingga ratusan tera byte), jadi sekarang saya lebih prefer untuk membeli SSD biasa saja yang penting awet, karena klo sudah di klaim garansinya mungkin tidak bisa klaim lagi, apalagi ini belum satu tahun sudah rusak.












Older Posts